Langsung ke konten utama

Privasi Security Online

Gambaran Umum Dalam Privasi sevurity

Kerahasiaan nasabah adalah landasan pokok bisnis kita di Credit Suisse. Karenanya, memastikan keamanan data nasabah merupakan salah satu prioritas kita yang utama.
Meskipun Credit Suisse sudah menerapkan berbagai praktik dan tindakan keamanan untuk melindungi kerahasiaan informasi nasabahnya, namun sebagai pengguna akhir, Anda tetap memainkan peranan penting dalam perlindungan terhadap risiko seperti serangan virus, akses tak berwenang, dan transaksi online palsu.
Di bawah ini adalah praktik-praktik terbaik dan panduan untuk membantu Anda melindungi diri dan memahami peranan Anda terkait dengan Internet. Panduan ini berlaku bagi nasabah perorangan dan institusi.

Penipuan Internet dan Phishing (Pengelabuan)

Phishing, tindakan yang menggunakan email palsu dan salinan situs web legal untuk mendapatkan data keuangan dan informasi pribadi lainnya dari pengguna komputer yang tidak waspada, terus berkembang dengan cara yang semakin canggih dan nasabah lembaga keuangan semakin sering dijadikan target penipuan semacam ini.
Karena materi phishing sering kali terlihat asli dan tampak seperti berasal dari orang, organisasi, lembaga, dan situs web yang nyata, langkah-langkah pengamanan berikut ini disarankan untuk diikuti:

Langkah Pengamanan Email:

  • Berhati-hatilah saat mengklik tautan, membuka lampiran, atau mengunduh file dari email, apa pun jenis filenya atau siapa pun yang mengirimkannya.
  • Jangan sekali-kali membuka situs web menggunakan tautan yang disediakan dalam email yang mencurigakan. Tautan dan alamat pengirim email dapat dipalsukan.
  • Hindari memasukkan informasi pribadi yang sensitif dalam pesan email. Langkah yang lebih baik adalah menghubungi perusahaan secara langsung.
  • Waspadalah terhadap setiap permintaan agar Anda melakukan tindakan segera (mis., “Security Check/Pemeriksaan Keamanan”, “Activation/Aktivasi”, “Verification/Verifikasi” atau permintaan apa pun untuk mentransfer uang atau melakukan pembayaran lainnya).

Langkah Pengamanan Perbankan dan Layanan Keuangan Online:

  • Selalu ketikkan alamat situs web (URL) resmi saat hendak masuk ke lembaga keuangan Anda.
  • Saat masuk ke situs web tersebut, periksa adanya huruf 's' tepat di belakang awalan “http” dan ikon gembok terkunci di sudut kanan bawah layar web browser Anda. Ini menunjukkan bahwa baik situs maupun koneksi Anda ter-enkripsi.
  • Pelajari kebijakan privasi situs web layanan keuangan dan panduan untuk tetap aman selama online.
  • Waspadalah terhadap setiap permintaan agar Anda mengungkapkan atau memastikan informasi tentang diri Anda atau rekening Anda, khususnya kata sandi atau informasi lain yang dapat digunakan oleh penyedia layanan keuangan untuk mengenali Anda (mis. tanggal lahir, nama-gadis ibu).

Langkah Pengamanan Sistem Komputer:

  • Selalu perbaharui perangkat lunak komputer (mis., patch sistem, anti-virus, dan anti-spyware) dengan patch keamanan terbaru.
  • Hubungi lembaga terkait dengan segera jika Anda melihat ada sesuatu yang tidak semestinya dengan rekening bank Anda atau rekening online lainnya.
  • Jika komputer dan/atau koneksi Internet Anda tampak bermasalah atau macet tidak seperti biasanya selama sesi perbankan online, putuskan koneksi dan hubungi bagian bantuan IT bank tersebut untuk meminta bantuan.

Komunikasi yang Tidak Diminta

Penipuan email merupakan cara yang banyak dipakai pencuri untuk mencuri informasi Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh metode yang digunakan:
  • Email penawaran ilegal yang mengiklankan penjualan berbagai barang dengan harga diskon atau harga yang tidak realistis guna mendapatkan informasi kartu kredit atau informasi keuangan lainnya. Biasanya, produk yang dibeli tidak pernah dikirim.
  • Penipuan melalui permintaan bantuan biasanya menawarkan sejumlah besar uang kepada penerima sebagai imbalan atas bantuan keuangan. Contoh yang umum misalnya dengan meminta informasi rekening bank pengguna untuk memfasilitasi penyetoran ke rekening pengguna. Informasi ini kemudian kemungkinan besar akan digunakan untuk tujuan penipuan. 
  • Email dengan pengirim palsu ditampilkan seolah-olah berasal dari eksekutif sebuah organisasi (mis. John Doe, CEO). Email ini sering kali meminta informasi pribadi atau rahasia dan mungkin memberi penawaran “khusus” untuk memancing jawaban.
Saat menghubungi lembaga keuangan Anda atau pengirim untuk memastikan permintaan informasi, gunakan hanya nomor telepon yang berasal dari sumber yang terpercaya (mis., sisi belakang kartu bank Anda, buku telepon, atau laporan bank).

Credit Suisse akan menghubungi nasabah secara berkala melalui berbagai saluran seperti email dan telepon, tetapi tidak akan pernah meminta agar nasabah menyediakan data perbankan elektronik tanpa diminta oleh nasabah.
Pesan spam adalah email yang dikirim dengan target tertentu, secara massal, dan tidak diminta. Email ini dapat berisi tawaran untuk membeli berbagai hal, mencoba mengajak Anda berbisnis, atau mengundang Anda mengunjungi sebuah situs web. Sayangnya, meskipun tawaran ini mungkin terlihat legal, banyak orang sudah kehilangan uang akibat menanggapi tawaran yang sering kali palsu.
Berikut ini adalah beberapa kiat untuk membantu Anda menghindari tipuan spam:
sumber : https://www.credit-suisse.com/sites/disclaimers/disclaimers-global/id/meta/modal/internet-security.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Rupa

.       SENI RUPA a.     Apresiasi Seni Apresiasi berasal dari Bahasa Latin , Appretiatus yang artinya penilaian/penghargaan. Apresiasi dilihat dari Bahasa Inggris, Appreciate , yang artinya menentukan atau menunjukkan nilai, atau menilai, melihat bobot karya, menikmati kemudian menyadari kepekaan rasa dan menghayati. Mengapresiasi artinya berusaha mengerti tentang seni dan menjadi peka terhadap segi-segi di dalamnya, sehingga secara sadar mampu menikmati dan menilai karya dengan semestinya. Apresiasi Seni adalah suatu proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati dan penghargaan pada karya seni itu sendiri serta penghargaan pada pembuatnya. Secara umum, Apresiasi dapat diartikan sebagai kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni. Kegiatan Apresiasi yaitu melakukan pengamatanm pemahaman, penilaian atau mengevaluasi serta mengkritik. Kegiatan seni adalah kegiatan yang berbeda dengan kegiatan manusiawi yang lain, karena mempunyai sifat yang khusus dan

Komunikasi Data

A.        PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA Dalam jaringan komputer, komunikasi antar komputer terjadi pada saat salah satu komputer mengirim data atau file kepada komputer lainnya. Untuk itu diperlukan media komunikasi. Data yang dikirimkan diubah menjadi gelombang – gelombang sinyal yang dapat ditransfer melalui media transmisi. Di sisi penerima, energi yang diambil dari media transmisi diubah kembali menjadi data yang dapat dibaca oleh komputer penerima. Mekanisme ini disebut sebagai komunikasi data. Data yang dikirim berupa file digital. Agar data yang berupa sinyal 0 dan 1 tersebut dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dalam jaringan, maka bilangan – bilangan tersebut harus diubah menjadi sinyal – sinyal transmisi. Pengubah data komputer menjadi sinyal – sinyal transmisi dinamakan transmitter , sedangkan pengubah sinyal – sinyal transmisi menjadi data digital disebut receiver . Media transmisi dapat berupa kabel yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal list

Struktur Sistem Operasi

Komponen-komponen Sistem Pada kenyataannya tidak semua sistem operasi mempunyai struktur yang sama. Namun menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut: •    Managemen Proses. •    Managemen Memori Utama. •    Managemen Secondary-Storage. •    Managemen Sistem I/O. •    Managemen Berkas. •    Sistem Proteksi. •    Jaringan. •    Command-Interpreter system. Managemen Proses Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti: •    Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses. •    Menunda atau melanjutkan proses. •    Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi. •    Menyediakan mekanis