Langsung ke konten utama

Contoh Portofolio

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat, rahmat dan karunianya, Saya dapat menyelesaikan tugas membuat Buku Digital .
Adapun tujuan dibuatnya buku digital ini adalah untuk memenuhi tugas dari Bu Amin(guru simulasi digital).Banyak kendala yang saya alami dalam membuat buku digital ini.Namun,itu semua tidak menyurutkan niat saya untuk menyelesaikan tugas ini.

Sekali lagi,Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam segala hal sehingga tugas ini dapat terselesaikan.Saya sangat berharap tugas yang telah dibuat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.













Purbalingga, 20 April 2014
   Penyusun,



Lukman Ependi



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................................        1
DAFTAR ISI ...............................................................................................................        2

BAB I     PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang ............................................................................................        3
B.     Tujuan .........................................................................................................        3
C.     Ruang Lingkup ...........................................................................................        3
D.     Sasaran Edmodo .........................................................................................        4
BAB II     KONSEP DASAR EDMODO
A.     Pengertian Edmodo ............................................    ..................................        5
B.      Prinsip Edmodo ..................................................    ..................................        5
C.     Kegunaan Edmodo ...............................................................................        5
D.     Fungsi Edmodo .....................................................................................        6

BAB III     APLIKASI EDMODO
A.     Cara bergabung di kelas Edmodo..........................................................        7
B.     Cara membuat reply di Edmodo.........................    ...................................        8
C.     Cara mendownload materi .....................................................................        9
D.     Cara mengisi polling yang disediakan................    ...................................        10
E.     Cara mengerjakan soal ulangan..............................................................        10

BAB IV    PELAKSANAAN EDMODO
                 Hasil pekerjaan saya di pembelajaran Edmodo.........................................        12

BAB V     PENUTUP
A.     Simpulan .................................    .........................................        15
 B.     Saran …………………………...............................................................        15





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Zaman sekarang ini banyak sekali teknologi yang serba modern,Contohya: televise,handphone,mobil,kulkas,Dll.Di Zaman yang sudah maju ini sudah banyak berkembang buku Elektronik, Seperti halnya E-Book.Saat ini E-Book sangat berguna sekali bagi pembaca yang tidak bisa meluangkan waktunya untuk pergi membeli buku ditoko/di tempat lain,Karna para pembaca bisa membaca langsung membacanya melalui HP,Ipad,dll tanpa harus membuang waktu. Sekarang juga sudah banyak situs-situs website yang bertema pendidikan seperti Edmodo,Geschool,dll
Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan belajar  Edmodo. Salah satunya, memudahkan proses KBM.Serta memudahkan guru untuk memberi materi tanpa harus masuk ke kelas.
B.    Tujuan
Tujuan Edmodo adalah untuk :
    Memudahkan dalam belajar kelompok online (online workgroup)
    Memudahkan proses KBM  melalui platform Edmodo
    Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo
    Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform Edmodo
    Ujian online lebih mudah karena tidak membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena platform Edmodo ini gratis
    Agar orang tua dapat memantau perkembangan anaknya via Edmodo karena ada akun Edmodo yang dapat dibuat oleh orang tua siswa.
C.    Ruang lingkup
Ruang lingkup Edmodo meliputi :
    Membuat akun                           
    Bergabung di group
    Memberi tanggapan
    Membuat reply
    Mengerjakan assignment
    Melaksanakan ulangan
    Mengisi polling
    Mendownload materi
    Mengerjakan kuis

D.    Sasaran Edmodo
Edmodo disini bertujuan untuk kegiatan belajar-mengajar bagi para siswa yang sudah dikenalkan kepada Edmodo,sasaran Edmodo adalah siswa-siswa yang sedang dalam tahap belajar menggunakan internet/berkomunikasi menggunakan internet,disini terdapat banyak sarana yang disediakan oleh Edmodo misalnya membuat kuis,melakukan pembelajaran,ulangan,mengerjakan tugas,dll dalam tahap ini siswa diajarkan cara menggunakan Edmodo oleh guru yang sudah mengenal betul seluk-beluk Edmodo.











































BAB II
KONSEP DASAR EDMODO

A.    Pengertian Edmodo
Pengertian Edmodo yaitu situs jaringan sosial tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya diperuntukkan bagi para guru dan murid. Edmodo adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Edmodo didirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan sudah memiliki kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid. Dari pengertian Edmodo diatas, tentu kita mengetahui bahwa edomodo digunakan sebagai sarana komunikasi antara dosen dengan mahasiswa atau guru dengan murid.
Fitur fitur yang disediakan oleh edmodo adalah:
1. Ganti foto picture profile
2. Tampilan seperti facebook jadi mudah untuk diingat-ingat
3. Membuat Event atau jadwal kegiatan penting
4. Berinteraksi guru dengan murid secara mudah
5. Dapat diakses melalui handphone anda kapanpun dan dimanapun
Dengan semua fitur-fitur edmodo dapat bersaing dengan media social networking lainnya. Tetapi ini lebih ditujukan dengan para guru dan murid. Dalam situs edmodo.com inidisediakan layanan media social dengan tombol “Im Teacher” “Im Student” jadi situs ini dimudahkan untuk para murid dan guru saling berinteraksi satu sama lain.
Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. api kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas.
Berikut kilasan di edmodo.com:
A.     Prinsip Edmodo
Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif. Platform ini memberikan siswa jalur untuk berinterakasi dengan rekan-rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini dapat mengajarkan siswa untuk bagaimana berperilaku secara modern dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang keamanannya terjamin.

B.    Kegunaan Edmodo
•    Memudahkan dalam belajar kelompok online (online workgroup)
•    Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo
•    Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform Edmodo
•    Ujian online lebih mudah karena tidak membutuhkan biaya lagi untuk fotocopi karena sudah menggunakan internet atau wifi.
•    Agar orang tua dapat memantau perkembangan anaknya via Edmodo,dapat dilakukan dengan membuat akun khusus orangtua.
•    Memudahkan proses KBM

C.    Fungsi Edmodo
Edmodo memiliki beberapa fungsi yaitu :
•    Mempermudah komunikasi antara murid-murid, murid-guru, guru-guru.
•    Sebagai sarana komunikasi belajar/berdiskusi.
•    Sebagai tempat untuk melaksanakan ujian/ulangan harian atau mengadakan kuis.

BAB III
APLIKASI EDMODO
Edmodo merupakan mapel terbaru di Kurikulum 2013. Dalam pelajaran Edmodo ini, banyak ilmu yang bermanfaat yang saya dapatkan. Salah satunya yaitu cara membuat video menggunakan movie maker. Bukan hanya itu, disini saya juga diajarkan membuat akun Edmodo, cara bergabung digrup kelas, cara emberi tanggapan, cara membuat reply, cara mendownload materi, cara mengerjakan assigment, cara mengisi polling, cara mengerjakan kuis, dan cara mengerjakan soal ulangan online di platform Edmodo.


A.Cara bergabung di kelas Edmodo

1.    Buat akun untuk mendaftar ke edmodo.
2.    Buka situs edmodonya yaitu di alamat ”www.edmodo.com”. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :




3.    Klik ”I am a student”
Sebelum anda mengisi data yang tersedia, sebelumnya anda harus mengetahui kode grup kelas yang telah di tentukan oleh guru pembimbing. Kode grup (group code) berisi 6 digit.




Maka akan muncul tampilan :



4.    Klik ”sign up”, maka anda akan menuju tampilan home seperti di facebook.
     Group code    : Berisi 6 digit.
     Username        : Cara masuk ke Edmodo tanpa harus  mengingat e-mail.
     Password        : Masukan password sesuka anda.
     E-mail        : Masukan e-mail yang aktif
     First name        : Masukan nama depan anda
     Lase name        : Masukan nama belakang anda



B.     Cara membuat reply di Edmodo
1. Buka akun edmodo anda
2. Klik ”type a reply” pada note atau materi yang akan kita reply

    
   
3. Lalu tulis komentar


C.Cara mendownload materi
1. Buka akun edmodo anda
2. Klik pada judul materi yang akan kita download




Lalu akan muncul tampilan



3. Lalu klik ”OK” untuk mendownload


D. Cara mengisi polling yang disediakan
    1. Buka akun edmodo anda
    2. Lalu klik ”Polling” pada home anda
    3. Isi polling tersebut
    4. Kemudian akan muncul tampilan




E.     Cara mengerjakan soal ulangan
1. Buka akun Edmodo anda
2. Lalu akan muncul tampilan






3. Klik ”Quiz Result”
4. Lalu akan muncul soal ulangan.
5. Setelah soal muncul, kerjakan soal tersebut dan diakhiri dengan mengklik ”Submit”

















BAB IV
PELAKSANAAN EDMODO

a.    Saya sudah membuat akun Edmodo


















Saya telah membuat tanggapan kepada teman dan guru



Saya telah mengisi polling yang disediakan oleh guru



Saya telah mengerjakan ulangan harian dan mendapatkan nilai dari ulangan yang dikerjakan tersebut.








BAB IV
PENUTUP

A.    Simpulan

Edmodo merupakan website yang memiliki banyak fungsi bagi para penggunanya karna merupakan situs web yang mendidik dan bagus untuk KBM,misalnya memberi polling,mengerjakan tugas,berkomunikasi langsung dengan guru,dll.Edmodo juga memberikan dampak yang baik untuk siswa khususnya siswa SMK NEGERI 1 PURBALINGGA,dengan adanya Edmodo pembelajaran di Sekolah tambah menyenangkan dan dengan menggunakan  internet siswa bertambah ilmunya tentang cara menggunakan internet,dengan tujuan yang baik yaitu mencari ilmu sebanyak-banyaknya tentang pelajaran/pendidikan di Indonesia.

B.Saran

1.    Kepada SMK NEGERI 1 PURBALINGGA
a.    Sebenarnya, koneksi internet di SMKN 1 Purbalingga sudah baik. Namun agar lebih baik lagi, saya sarankan untuk menambahkan sumber internet secara menyeluruh, agar siswa tidak kesusahan dalam mengakses internet dan mengikuti pembelajaran Edmodo ini.
b.    Referensi atau buku-buku tentang pembelajaran Edmodo ini sebaiknya perlu disediakan guna memudahkan para siswa dalam mempelajari materi Edmodo ini.
2.    Kepada Guru Pembimbing
a.    Saran saya Bu Amin sudah cukup baik dalam menyampaikkan materi yang diajarkan,tetapi saya berpendapat Bu Amin kurang memaksimalkan proses pembelajarannya kadang terlalu sibuk dengan urusan yang lain,jadi kelas X TKJ 2 sering tidak diperhatikan,sering rebut, juga bermain sesuka hati.
b.    Pelajaran Simulasi Digital yang ajarkan oleh Bu Amin Mukarromah ini sangat membantu saya dalam berbagai hal tentang membuat video atau melakukan pembelajaran di internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Data

A.        PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA Dalam jaringan komputer, komunikasi antar komputer terjadi pada saat salah satu komputer mengirim data atau file kepada komputer lainnya. Untuk itu diperlukan media komunikasi. Data yang dikirimkan diubah menjadi gelombang – gelombang sinyal yang dapat ditransfer melalui media transmisi. Di sisi penerima, energi yang diambil dari media transmisi diubah kembali menjadi data yang dapat dibaca oleh komputer penerima. Mekanisme ini disebut sebagai komunikasi data. Data yang dikirim berupa file digital. Agar data yang berupa sinyal 0 dan 1 tersebut dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dalam jaringan, maka bilangan – bilangan tersebut harus diubah menjadi sinyal – sinyal transmisi. Pengubah data komputer menjadi sinyal – sinyal transmisi dinamakan transmitter , sedangkan pengubah sinyal – sinyal transmisi menjadi data digital disebut receiver . Media transmisi dapat berupa kabel yang mengubah sinya...

Seni Rupa

.       SENI RUPA a.     Apresiasi Seni Apresiasi berasal dari Bahasa Latin , Appretiatus yang artinya penilaian/penghargaan. Apresiasi dilihat dari Bahasa Inggris, Appreciate , yang artinya menentukan atau menunjukkan nilai, atau menilai, melihat bobot karya, menikmati kemudian menyadari kepekaan rasa dan menghayati. Mengapresiasi artinya berusaha mengerti tentang seni dan menjadi peka terhadap segi-segi di dalamnya, sehingga secara sadar mampu menikmati dan menilai karya dengan semestinya. Apresiasi Seni adalah suatu proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati dan penghargaan pada karya seni itu sendiri serta penghargaan pada pembuatnya. Secara umum, Apresiasi dapat diartikan sebagai kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni. Kegiatan Apresiasi yaitu melakukan pengamatanm pemahaman, penilaian atau mengevaluasi serta mengkritik. Kegiatan seni adalah kegiatan yang berbeda dengan kegiatan manusiawi yang lain,...

Struktur Sistem Operasi

Komponen-komponen Sistem Pada kenyataannya tidak semua sistem operasi mempunyai struktur yang sama. Namun menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut: •    Managemen Proses. •    Managemen Memori Utama. •    Managemen Secondary-Storage. •    Managemen Sistem I/O. •    Managemen Berkas. •    Sistem Proteksi. •    Jaringan. •    Command-Interpreter system. Managemen Proses Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti: •    Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan ...